Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari bahasa jawa “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku”. Yang artinya Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit (blencong) yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita.

Museum yang memadukan keindahan alam pegunungan dan kebesaran kebudayaan Jawa ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram, juga menampilkan tokoh raja-raja beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya.

Rute Menuju Museum Ullen Sentalu

Untuk menuju museum Ullen Sentalu Anda dapat melalui Jalan Kaliurang (30-45 menit): ikuti jalan utama ke arah utara sepanjang 18 km.

Atau melalui Jalan Palagan Tentara Pelajar (25-35 menit): ikuti jalan utama ke arah utara sepanjang 10 km, belok kanan pada pertigaan Pulowatu dan ikuti jalan sepanjang 3 km, belok kiri di pertigaan Pasar Pakem, ikuti jalan utama sepanjang 6,5 km.

Atau jika Anda menggunakan jasa tour travel atau rental mobil biasanya akan langsung diantarkan menuju lokasi museum

Jam Buka Museum Ullen Sentalu:
Selasa – Jumat: 08.30 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu: 08.39 – 17.00 WIB
Senin Libur.

Rental Mobil Jogja: